Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Sejarah, Beserta Fungsi Coreldraw

 

CoreLDraw
CoreLDraw

Anda desainer grafis? pasti sudah tidak asing lagi dengan perngkat lunak atau software satu ini, yaitu CoreLDraw. Pada kali ini moel akan membahas pengertian dari CoreLDraw dan fungsiya yang masih banyak lagi. Jadi buat anda yang ingin tau pengertiannya dan funsinya, baca sampai habis supaya anda paham.

Pengertian CoreLDraw

coreLDraw adalah software atau perngkat lunak  editor garafik vector yang di kembangkan oleh corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bertempa di ottawa, kanada. CoreLDraw pada awalnya di ciptakan untuk sistem operasi Winsdows 2000 dan seterusnya.

Model CoreLDraw untuk Mas OS pernah dikembangkan, tetapi di hentikan karena tingkat penjualannya yang rendah. Model terakhir untuk Linux adalah versi 9 (Rilisan tahun 2000, itu pun harus di jalankan dengan wine) dan unuk OSX adalah versi 11 (Rilisan 2001).

Fungsi CoreLDraw 
Setelah anda mengetauhi perngertian CoreLDraw selajutnya kita akan membahas tentang funsi CoreLDraw. Pasti sudah sangat banyak yang paham apa itu fungsi dari sofware CoreLDraw, CoreLDraw ini sangat menajupkan karena sfotware desain grafis yang mempunyai segudang fitur. 

Beberapa fungsi yang sering kita gunakan di CoreLDraw pastinya untuk desain, pasti anda menggunakan CoreLDraw untuk mendesain logo ataupun ilustrsi dan masih banyak lainya.

Maka dari pada itu saya akan memberikan beberapa fungsi dari software CoreDraw. CoreLDraw berfunsi sebagai bahat atau alat untuk pembuatan logo, desain poster, cover buku, desai kartu nama, desain stiker, desain cover buku dan masih banyak lagi.

CoreLDraw berfungsi sebagai media pembuatan gambar ilustrasi, pembuatan gambar ilustrasi dalam CoreLDraw sangat mudah dengan tersedia banyak tool di dalamnya.

CoreLDraw ini juga sering di gunakan untuk metrace gamba menjadi sebuah vector, funsi ini sering di gunakan untuk membuat yang berbasis bitmap yang ingin dirubah ke vector.

Dari sekian banyaknya funsi dari tool CoreLDraw, ada yang di namakan toolbox yaitu kmpulan dari tools software CoreLDraw yang mempunyai funsi tersendiri setip tool.

Sejarah CoreLDraw 
Program CoreLDraw pada tahun 1987, insyiur dari corel Michel Boullion dan Pat Beiner melakukan pengembangan program ilustrasi berbasis vector untuk di gabungkan dengan sistem penerbitan desktop mereka.

software atau program itu, CoreLDraw, awalnya diliris pada tahun 1989. versi CoreLDraw 1.X dan 2.X berjalan pada windows 2.X dan 3.0 kebawah.  Veri CoreLDraw 3.0 rilis tersedia dengan rilis Microsoft Windows 3.1.

Versi CoreLDraw Dan Fitur Setiap Versinya
  1. Format File Pada CoreLDraw 
  2. CoreLDraw Compressed, file CoreLDraw Terkompresi (.CDX).
  3. CoreLDraw Tamplate, file tempelat CoreLDraw (.CDT).
  4. CoreLDraw Presentation Exchange, file Presentasi CoreLDraw (.CDX).

Versi pertamanya, format file cdr merupakan format file yang sepenuhnya proprietary yang terutama gambar grafik vector, di kenali oleh dua byte pertama dari file yang "WL"

Diawali dengan softwaer CoreLDraw 3, format filenya di ubah menjadi Resource Interchenge File Format (RIFF), dikenalin dengan emapat byte pertama dari file "RIFF" dan "CDR * vrsn" dalam byte 9 hingga 15, dengan tanda bintang.

Program software lain yang dapat membuka. (CDR)
  • Adobe IILustrator
  • Corel PaintShop Photo Pro
  • Corel WordsPerfect Office
  • Microsoft Visio 2002
  • sK1
  • Xara Designer Pro dan Xara Photo & Graphic Deigner
  • Inkscape dengan UniCovertor 
  • LibreOffice dengan libcdr terinstal
  • Macromedia Freehand 

Posting Komentar untuk "Pengertian, Sejarah, Beserta Fungsi Coreldraw"